Universitas
Sanata Dharma

Penerimaan Mahasiswa Baru

Informasi Program

PENDAHULUAN

Program Profesi Insinyur menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi keinsinyuran. Lulusan Program Profesi Insinyur akan memperoleh gelar insinyur dan mendapatkan Sertifikat Insinyur Profesional (SIP). Gelar insinyur disingkat dengan “Ir” dicantumkan di depan nama yang berhak menyandangnya. SIP dapat dipergunakan untuk memenuhi persyaratan menjadi Anggota Persatuan Insinyur Indonesia (PII), memenuhi persyaratan mendapatkan Kompetensi Insinyur Profesional (IPP, IPM, IPU) dan memenuhi persyaratan mendapatkan Surat Tanda Registrasi Insinyur (STRI). STRI adalah bukti tertulis tanda registrasi yang dikeluarkan oleh PII kepada insinyur yang telah memiliki Sertifikat Kompetensi Insinyur dan diakui secara hukum untuk melakukan praktik keinsinyuran. Setiap insinyur yang teregistrasi tercantum pada data base insinyur Indonesia. Dengan memiliki SIP, Sertifikat Kompetensi Insinyur Profesional, STRI, seorang insinyur akan dapat bekerja dengan aman, nyaman dan terhindar dari masalah hukum

 

PENDIRIAN PROGRAM PROFESI INSINYUR

Pendirian Program Profesi Insinyur Fakultas Sains dan Teknologi di Universitas Sanata Dharma berdasarkan:

  1. Penugasan Pemerintah RI cq Direktorat Jendral Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Pendidikan Tinggi kepada Universitas Sanata Dharma untuk menyelenggarakan Program Studi Program Profesi Insinyur (program profesi) dengan surat nomor 687/C.C4/KL/2016 tanggal 11 April 2016.
  2. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 625/M/2020 tentang: Izin Pembukaan Program Studi Program Profesi Insinyur Program Profesi pada Universitas Sanata Dharma di Yogyakarta yang diselenggarakan oleh Yayasan Sanata Dharma.

 

VISI DAN MISI

Visi Program Studi Program Profesi Insinyur adalah

Menjadi penggali kebenaran yang unggul dan humanis dalam bidang keinsinyuran demi terwujudnya masyarakat yang semakin bermartabat

Misi Program Studi Program Prosfesi Insinyur adalah :

  1. Mengembangkan sistem pendidikan holistik di bidang keinsinyuran yang merupakan perpaduan keunggulan akademik dan nilai-nilai kemanusiaan melalui pendekatan yang berciri cura personalis, dialogis, pluralistik, dan transformatif.
  2. Menciptakan komunitas akademik di Program Studi Program Profesi Insinyur yang mampu menghargai kebebasan akademik serta otonomi keilmuan, mampu bekerjasama lintas ilmu, dan lebih mengedepankan kedalaman daripada keluasan wawasan keilmuan dalam usaha menggali kebenaran lewat kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  3. Menghadirkan pencerahan yang mencerdaskan di bidang keinsinyuran bagi masyarakat melalui publikasi hasil kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, pengembangan kerjasama dengan berbagai mitra yang memiliki visi serta kepedulian yang sama, dan pemberdayaan para-alumni dalam pengembangan keterlibatan nyata di tengah masyarakat.

 

KURIKULUM

No

Kode Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah

SKS

1

PSPPI 101

Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur

2

2

PSPPI 102

Profesionalisme Keinsinyuran

2

3

PSPPI 103

Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan

2

4

PSPPI 104

Seminar, Workshop dan Diskusi

2

5

PSPPI 105

Studi Kasus

4

6

PSPPI 106

Praktik Keinsinyuran

12

Jumlah

24

 

STAF PENGAJAR

No

Nama Dosen

1

Ir. Petrus Kanisius Purwadi, M.T., IPM

2

Dr. Ir. Iswanjono, M.T., IPM

3

Dr. Ir. Y.B. Lukiyanto, M.T., IPM

4

Dr. Ir. Linggo Sumarno, M.T., IPM

5

Ir. Th. Prima Ari Setiyani, M.T., IPM

6

Ir. Petrus Setyo Prabowo, S.T., M.T., IPM

7

Ir. Wiwien Widyastuti, M.T., IPM

8

Ir. Martanto, S.T., M.T., IPM

 

JALUR STUDI

Untuk saat ini, PSPPI Universitas Sanata Dharma hanya membuka jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Jalur Reguler direncanakan baru akan dibuka pada Semester Gasal Tahun Akademik 2023/2024   

Jalur RPL merupakan jalur yang ditujukan untuk calon peserta yang sudah memiliki pengalaman bekerja di bidang keinsinyuran minimal 3 tahun. Jalur RPL terbagi atas 2 kelompok :

  1. Kelompok insinyur profesional (kelompok IP)
  2. Kelompok non insinyur profesional (kelompok non-IP).

Kelompok insinyur profesional ditujukan bagi calon peserta yang telah memiliki sertifikat Insinyur Profesional Pratama (IPP), atau sertifikat Insinyur Profesional Madya (IPM) atau sertifikat Insinyur Profesional Utama (IPU) yang dahulu diberikan oleh PII, sedangkan kelompok non insinyur profesional ditujukan bagi peserta yang belum memiliki IPP, IPM atau IPU

Masa studi untuk jalur RPL direncanakan 1 semester. Bila dalam satu semester peserta PSPPI belum lulus yudisium, masa studi dapat diperpanjang dengan melakukan registrasi ulang, dengan biaya seperti yang telah oleh Universitas.

 

PENDAFTARAN MAHASISWA PSPPI

Pendaftaran mahasiswa PSPPI diselenggarakan setiap awal semester. Jalur RPL dalam satu tahun akan diadakan dua kali.

 

PERSYARATAN PENDAFTARAN

 Mendaftar untuk mengikuti pendidikan profesi insinyur

  1. Surat keterangan sehat dari dokter.
  2. Peserta berasal dari prodi akreditasi A, atau dari prodi akreditasi B memiliki IPK minimal 2,5,
  3. Sertifikat akreditasi prodi pendaftar
  4. Calon peserta adalah seorang sarjana teknik (S1) atau seorang sarjana terapan bidang teknik (D4) yang telah memiliki pengalaman kerja di bidang keinsinyuran minimal 3 tahun.
  5. Ijazah sarjana teknik atau ijazah sarjana terapan bidang teknik (D4)
  6. Transkrip nilai sarjana teknik atau transkrip nilai sarjana terapan bidang teknik (D4)
  7. Surat-surat keterangan pengalaman kerja di bidang keinsinyuran minimal 3 tahun  
  8. Foto diri, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK)
<< Kembali
© UNIVERSITAS SANATA DHARMA, 2023. All rights reserved. // 6 user(s) online // 2023-01-27 08:03:32